Fungsi Kode b:if cond= Untuk Pengaturan Tampilan Blog


Fungsi Kode b:if cond= Untuk Pengaturan Tampilan Blog - Coretan Diko
Sepertinya blog saya yang satu ini sudah jarang update. Baiklah, malam ini saya akan memcoba untuk posting artikel mengenai Beberapa Fungsi Kode b:if cond= Untuk Pengaturan Tampilan Blog. Tutorial dalam artikel kali ini saya rasa sangat membantu, jika sobat menggunakan template magazine, maka tutorial kali ini akan sangat berguna. Mengapa ? karena hampir semua template menggunakan kode ini.

Salah satu ciri template gaya Magazine Style adalah adanya widget yang muncul lalu menghilang atau awalnya menghilang lalu muncul pada suatu halaman atau postingan blog. Kode b:if cond= inilah yang berfungsi untuk melakukan hal tersebut, salah satunya adalah untuk kotak komentar atau fungsi readmore. Jika sobat perhatikan, template ini jika dalam keadaan homepage akan memiliki tiga kolom, tapi jika pada content hanya akan terlihat 2 kolom.

 Berikut ini adalah jenis dan fungsi kode untuk mengatur tampilan content blog dari muncul lalu menghilang dan menghilang kemudian muncul. Yang bisa sobat terapkan untuk pengaturan pada blog sobat.

1. Hanya pada Halaman Utama Blog
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'> . . . </b:if>
Kode ini berfungsi untuk menampilkan widget blog hanya pada halaman utama blog saja alias akan menghilang ketika sobat mengklik Label Post atau membaca postingan secara keseluruhan.
Contoh penggunaan kode ini bisa sobat lihat pada widget archive pada blog ini. Jika sobat membaca artikel secara keseluruhan atau mengklik kategori post, kolom archive dan yang dibawahnya akan menghilang.

2. Kategori Post dan Single Post
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'> . . . </b:if>
Kode ini berfungsi untuk menampilkan widget blog pada kategori post dan single post (membaca postingan secara keseluruhan).

3. Halaman Utama Blog
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'> . . . </b:if>
Kode ini berfungsi untuk menampilkan widget blog pada main post atau hanya pada halaman utama saja, jika sobat mengklik sebuah postingan (membaca keseluruhan) maka widget ini akan hilang.
Contoh penggunaan kode ini adalah readmore. Dia akan hilang ketika kita masuk pada single post (artikel).

4. Single Post atau halaman isi artikel
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'> . . . </b:if>
Kode ini berfungsi untuk menampilkan widget blog hanya pada single post saja atau ketika sobat membaca postingan secara keseluruhan dan tidak akan muncul pada main post atau kategori post.
Contoh penggunaan kode ini adalah kolom komentar, yang hanya akan muncul pada single post dan tidak akan muncul pada home page atau bagian lain.

5. Halaman Utama Blog
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'> . . . </b:if>
 Fungsi kode ini sama dengan fungsi kode pada nomer 3.

6. Menampilkan Widget Blog Pada Postingan Tertentu Saja
<b:if cond='data:blog.url == &quot;URL Post Tertentu&quot;'> . . . </b:if>
Kode ini berfungsi untuk menampilkan suatu widget blog hanya pada suatu postingan tertentu atau pada artikel tertentu saja.

7. Menyembunyikan Widget Blog Pada Postingan Tertentu Saja
<b:if cond='data:blog.url != &quot;URL Post Tertentu&quot;'> . . . </b:if>
Kode ini merupakan kebalikan dari kode no 6 dimana widget blog akan menghilang dari suatu postingan tertentu dan baru muncul pada postingan yang lain.

Mungkin itu saja yang saya tahu tentang cara membuat widget blog dari muncul menjadi menghilang atau menghilang kemudian muncul. Tutorial ini saya dapatkan dari salah satu sobat blogger saya. Awalnya saya juga bingung mau buat bagaimana dengan widget-widget tersebut, beruntung karena saya memiliki sahabat yang sangat jeli dan teliti dengan template dan kode html. Semoga artikel singkat ini bermanfaat buat sobat blogger.


1 komentar:

  1. Gan, kode nomor 1 dan 2 fungsinya beda tapi kenapa kodenya sama?

    BalasHapus