Cara Cermat dan Teliti Memilih Buah dan Sayur Berkualitas Baik


Cara Cermat dan Teliti Memilih Buah dan Sayur Berkualitas Baik - Coretan Diko
Kesehataan adalah harta yang paling mahal. Nilainya tak bisa diganti dengan apapun. Makanya tak mengherankan bila orang akan melakukan apa saja untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang diidapnya. Tapi, perilaku kontraproduktif malah terjadi saat kondisi tubuh masih bugar. Kesehatan dan kebugaran tubuh kerap diabaikan. Padahal menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh tak begitu mengeluarkan banyak biaya. Cukup dengan olah raga cukup, pola hidup seimbang dan mengkonsumsi buah dan sayur yang berkualitas baik.

Sudah menjadi pemahaman umum bahwa mengkonsumsi buah dan sayur berkualitas baik memberi nilai manfaat cukup besar bagi kesehatan tubuh. Kandungan vitamin, mineral, serat dan tanpa lemak yang ada pada buah dan sayur diyakini mampu memberi asupan nutrisi yang lebih dari cukup untuk tubuh. Kandungan dalam buah dan sayur tersebut tak hanya memberi kesehatan di dalam tubuh manusia, juga dapat menjaga kesehatan kulit.

Namun, sebelum mengkonsumsi buah dan sayur, Anda terlebih dulu harus memilih yang berkualitas baik. Karena, buah dan sayur yang dijual di pasaran belum tentu terjamin higienitasnya. Banyak dijual buah dan sayur dalam kondisi buruk. Belum lagi kandungan pestisida yang terkontaminasi saat penanaman. Jangan sampai keinginan untuk mengkonsumsi buah dan sayur agar sehat justru berbuah penyakit.

Apalagi saat ini banyak oknum pedagang buah dan sayur nakal. Demi merengkuh untung besar dengan mengabaikan hak dan keselamatan konsumen. Cara curang oknum pedagang untuk menarik pembeli dengan menambahkan pewarna buatan. Makanya, sebagai pembeli Anda juga harus jeli memilih buah dan sayur. Jangan mudah tergiur dengan warna buah dan sayur yang mencolok.

Makanya, tak ada pilihan lain kecuali semua berpulang kepada Anda. Cermat dan teliti memilih buah dan sayur yang berkualitas baik menjadi pilihan utama dan pertama. Mau tahu? Berikut ulasannya:
Buatlah check list ketika memilih buah dan sayur saat membeli

Cara pertama yang paling mudah dan terbukti akurat saat memilih buah dan sayur adalah membuat semacam check list. Kriteria tersebut berfungsi untuk menyeleksi buah dan sayur yang Anda beli. Daftar check list untuk buah sesuai yang ditulis dalam rubrik kesehatan Koran Kompas adalah sebagai berikut:
-          Tingkat kematangan lebih dari cukup
-          Buah tampak masih segar
-          Warna kulit tampak masih segar
-          Bentuk buah masih bagus
-          Kulit buah bersih dan mulus
-          Aroma buah masih harum
-          Tidak ada bekas serangan hama dan penyakit

Sedangkan untuk check list untuk memilih sayur, tak jauh berbeda dengan check list memilih buah di atas.  Saat Anda akan membeli sayur, harus benar-benar memperhatikan warna, aroma dan bentuknnya. Sayur harus masih cerah, segar dan masih segar. Kalau menemui sayur dalam kondisi kusam, daunnya layu dan warnanya telah menguning jangan dipilih. Apalagi, saat sayur dipegang terasa lunak, layu berkeriput dan terlalu berair.
Bersihkan buah dan sayur yang Anda beli

Berbagai kecurangan oknum penjual dalam penjelasan di atas patut Anda waspadai. Ketelitian saat memilih buah dan sayur menjadi pengendali pertama. Sebaiknya, sebelum Anda dan keluarga mengkonsumsi buah atau memasak sayur, harus dibersihkan dengan air bersih dan mengalir. Tapi bagaimana untuk mengetahui dan mengantisipasi berbagai zat pewarna berbahaya dalam buah dan sayur?

Ketika membeli buah, tapi warna cerahnya sangat mencolok, Anda patut waspada. Untuk mengetahui apakah warna itu asli atau tidak, ikuti cara berikut. Ambil daging buahnya, jika warna daging buah tak luntur ke tangan Anda maka buah tersebut aman untuk dikonsumsi.

Selain itu, bila warna kulit buah tampak mengkilat, bisa jadi ada lapisan lilin pada kulit buah tersebut. Agar aman untuk dikonsumsi, kerik permukaan kulit buah. Kemudian cuci dengan air bersih. Dengan langkah antisipasi tersebut, zat-zat berbahaya dalam buah bisa teratasi.
Tanam buah dan sayur sendiri

Dengan beragamnya modus oknum penjual buah dan sayur untuk mengeruk untung besar, juga zat pestisida yang terkena buah dan sayur saat penanaman, sebagai konsumen Anda harus waspada dan teliti. Namun, hal itu tak bisa menjamin keamanan mengkonsumsi buah dan sayur seratus persen. Makanya Anda perlu melakukan tindakan preventif. Misalnya, memilih buah dan sayur yang dibudidayakan secara organik.

Selain itu, bila Anda mau sedikit repot, akan lebih bagus bila menanam sendiri buah dan sayur yang Anda konsumsi. Dengan begitu, kualitas buah dan sayur tak perlu diragukan lagi. Buah dan sayur lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya.

Dengan berbagai bentuk sikap waspada dan teliti tersebut, bisa menjadi pilihan tepat bila hendak mengkonsumsi buah dan sayur. Tapi, yang tak kalah penting adalah kecermatan dan ketelitian memilih buah dan sayur yang berkualitas baik saat Anda membeli. Dengan begitu manfaat yang terkandung dalam buah dan sayur bisa terserap maksimal ketika Anda dan keluarga Anda mengkonsumsinya.
Pengunjung mampir dengan kata berikut:
cara memilih sayuran yang baik, ciri sayur yang baik, Sayuran yang berkualitas, ciri-ciri SAYURAN berkualitas, ciri-ciri kacang merah yang bermutu baik, ciri-ciri sayuran yang berkualitas baik, sayur yang baik untuk kulit, ciri buah dan sayuran segar, ciri sayuran yg bekualitas, cara agar teliti

0 komentar:

Posting Komentar