Cara Merawat Kulit Wajah Dengan Bahan Alami

Yah … bagi beberapa orang, wajah sangatlah sensitif untuk penampilan apalagi bagi kaum hawa yg demen ama perawatan wajah. Tips merawat wajah secara alami ini menggunakan bahan alami yakni buah – buahan. Tidak jauh  dari kehidupan sehari – hari buah yg kalian makan, ternyata berkhasiat sekali dibandingkan menggunakan bahan produk yang menggunakan bahan kimia.

Faedah bila menggunakan Masker di wajah menggunakan bahan alami :

* Wajah akan terlihat lebih segar, kencang dan lembut.

* Dengan bahan yang alami, efek samping yang dihasilkan seperti iritasi hampir tidak ada kecuali ada beberapa jenis kulit yang sangat sensitif.
* Dengaan penggunaan masker, mampu mengangkat pori – pori yang tersumbat oleh kotoran maupun debu serta komestik di wajah.

Kelebihan dari masker ini :

* Bahan yg mudah dicari, maka masker ini bisa di buat sendiri dirumah.

* Dapat menentukan sendiri jenis buah yang hendak di pake sebagai masker.

bahan-bahan seperti madu, telur, anggur, pisang, yoghurt, alpukat, dan lainnya:
  • Tepuk wajah kain yang dibasahi dengan air hangat untuk membuka pori-pori. Kemudian oleskan madu pada wajah dan diamkan selama 15 hingga 30 menit. Bilas dengan air hangat, kemudian tepuk-tepuk wajah dengan kain yang dibasahi air dingin
  • Anda juga bisa membuat masker dengan putih telur. Aplikasikan putih telur pada wajah dan diamkan hingga putih telur mengering di wajah, baru kemudian Anda hangatkan.
  • Untuk cara yang lebih mudah, Anda bisa menggunakan anggur. Cukup potong sebuah anggur menjadi dua, kemudian gosokkan dagingnya pada wajah. Setelah merata, bilas dengan air dingin.
  • Tumbuk pisang yang sudah terlalu matang hingga haslus, kemudian oleskan keseluruh wajah. Diamkan selama 15 hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat.
  • Yoghurt tanpa rasa juga bisa digunakan untuk menyegarkan dan melembabkan wajah. Oleskan yoghurt pada wajah dan diamkan selama 15 hingga 20 menit sebelum dibilas dengan air dingin.
  • Jika Anda memiliki bibir yang pecah-pecah, oleskan minyak zaitun sebelum tidur. Biarkan semalaman dan dapatkan bibir lebih lembab dikeesokan harinya.
  • Hancurkan alpukat lalu oleskan pada wajah. Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Alpukat baik untuk kesehatan dan keremajaan kulit.
  • Siapkan susu pada sebuah wadah, kemudian sedikit celupkan cotton bud atau kapas dan terapkan pada wajah. Biarkan hingga Anda merasa kulit wajah jadi lebih kencang dan bersihkan dengan air hangat. Rasakan kulit wajah menjadi lebih lembut.
  • Zaitun
    Cara merawat wajah secara alami salah satunya adalah dengan zaitun. Keahliannya dalam merawat kulit dan wajah sudah tidak diragukan lagi. Zaitun banyak digunakan untuk merawat kulit dan wajah sejak jaman dahulu hingga sekarang. Untuk menggunakannya dapat dikonsumsi secara langsung atau dioleskan pada kulit. Minyak zaitun mempunyai sifat melembabkan, sehingga baik untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin E pada minyak zaitun sebagai antioksidan alami yang mampu menangkal oksidasi yang bisa merusak sel.
    Tubuh kita tidak bisa memproduksi asam lemak esensial sendiri. Zaitun ekstra virgin juga mengandung asam lemak esensial yang dapat membantu kulit untuk melawan kerusakan sel akibat terkena sinar ultraviolet. Kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet bisa berupa kulit kering, terbakar, keriput, bercak cokelat, penuaan dini bahkan juga kanker. Dengan mengkonsumsi minyak zaitun juga dapat menjaga kulit agar tetap kenyal.
    • Bengkoang
    Bengkoang mempunyai sifat mendinginkan, sehingga dapat digunakan untuk kulit yang kusam. Bengkoang juga bisa digunakan untuk memutihkan wajah secara alami. Bengkoang mengandung zat fenolik yang dapat menghambat proses pembentukan melanin, sehingga pigmentasi yang disebabkan karena sinar matahari, hormon atau bekas jerawat dapat dicegah dan dikurangi. Kandungan flavonoid, vitamin C, dan saponin dalam bengkoang bermanfaat sebagai tabir surya alami, sehingga dapat mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.
    • Mentimun
    Buah yang satu ini kaya akan air dan vitamin C , sehingga dapat digunakan sebagai masker untuk menyegarkan kulit. Mentimun dapat digunakan untuk mengatasi kulit yang kering, terbakar karena sinar matahari, jerawat, noda hitam dan lainnya.
    • Gamat
    Gamat biasa disebut juga dengan teripang laut atau sea cucumber. Gamat mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan kita. Salah satunya adalah untuk perawatan kulit dan wajah. Gamat mempunyai kemampuan regenerasi sel yang tinggi. Kulit yang rusak atau pecah-pecah, flek hitam dapat diregenerasi dengan gamat sehingga akan menjadi normal kembali. Kemampuannya dalam meregenerasi sel juga dapat digunakan untuk memutihkan wajah secara alami
    Komponen utama pembentuk kulit adalah kolagen. Kolagen dapat rusak karena terkena paparan sinar matahari. Untuk mendapatkan kulit yang sehat maka perlu peremajaan kolagen. Gamat mengandung kolagen yang bermanfaat untuk perawatan kulit. Penggunaan gamat dapat dioleskan atau juga dikonsumsi secara langsung.
    • Sayuran berwarna merah dan hijau
    Bayam, wortel, brokoli, dan sejenisnya mengandung banyak beta-carotene yang berfungsi sebagai antioksidan untuk kulit. Selain mencegah kerusakan sel, beta-carotene juga akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang berguna untuk memerangi jerawat, memproduksi sel kulit baru, dan membuat warna kulit terlihat cerah dan muda.
    • Alpukat
    Alpukat merupakan sumber vitamin E yang berguna untuk menghambat penuaan dan membersihkan kulit dari segala noda seperti bekas jerawat, flek hitam, dan masalah lain. Mengonsumsi alpukat secara teratur juga akan mencegah kulit menjadi kendur seiring bertambahnya usia.
    • Jeruk
    Semua jenis buah jeruk, termasuk jeruk bali, merupakan sumber vitamin C yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Vitamin C meningkatkan produksi kolagen dan elastin dalam tubuh kita, yang berfungsi untuk mengurangi kerutan dan menghambat penuaan kulit. Ia juga dipercaya dapat memperlambat produksi melanin, pigmen yang membuat kulit terlihat lebih gelap. Usahakan mengkonsumsi jeruk segar satu kali dalam sehari. Selain jeruk, tomat juga merupakan buah yang kaya vitamin C.
    • Gandum
    Bisa didapat dalam bentuk sereal maupun roti, gandum mengandung biotin yang berfungsi membantu sel tubuh memproses lemak. Kekurangan biotin dapat menyebabkan kulit kering dan terlihat kusam.
    • Minyak zaitun
    Makanan paling sehat untuk kulit? Salad buah dan sayuran yang diperciki minyak zaitun sebagai penyedap. Minyak ini mengandung asam lemak yang esensial untuk membuat kulit terlihat cerah, bercahaya, dan sehat.
    • Ikan
    Makhluk air ini kaya akan asam lemak Omega-3 yang merupakan resep utama untuk kulit yang cerah cemerlang. Selain itu, mengkonsumi sarden, tuna, atau salmon yang kaya protein dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan polusi. Protein yang terkandung di dalamnya membantu reproduksi sel dan membuat kulit terlihat bercahaya.

    Gimana para pembaca ?, punya niat ingin sehat dengan cara alami kan ?, pastinya harus coba tips² yang di atas, selamat mencoba.

    Artikel lain akan menyusul, Be Patient !


     

0 komentar:

Posting Komentar