Jangan Asal Copy-Paste


Kendala utama yang sering dikeluhkan oleh seorang blogger, terutama yang baru saja menjadi blogger adalah susahnya untuk membuat postingan. Mengapa kesulitan tersebut terjadi?

Tentu saja bukan hanya blogger pendatang baru yang mengalaminya, hal ini bisa dan banyak dialami oleh blogger yang sudah bertahun-tahun memiliki blog. Menurut saya pribadi kesulitan tersebut terjadi lebih kepada faktor belum terbiasanya sang blogger untuk menulis atau membuat postingan. Sehingga akan terasa berat untuk membuat postingan walau hanya beberapa paragraf saja, bahkan untuk menceritakan apa yang ia alami sendiri.
Oleh karena itu hanya ada dua cara menurut saya untuk mengatasi hal tersebut, yaitu menulis…menulis…dan menulis….(posting..posting…dan posting), belajarlah dari blog-blog yang anda sukai dan tentunya blog-blog yang selalu mengupdate dengan postingan-postingan terbarunya. Belajar untuk mengenali bagaimana mereka menuangkan segala idenya dari postingan yang mereka buat.
Tentu saja proses pembelajaran terbaik untuk mengatasi kesulitan membuat postingan adalah dengan berusaha semaksimal mungkin menghadirkan buah fikiran  kita sendiri, bukan dengan memposting tulisan orang lain alias copy paste postingan.
Dengan menghadirkan segala buah fikiran kita yang dimiliki tentunya akan membiasakan gerakan jari-jemari kita diatas keyboard dalam menyambut aliran ide-de yang keluar dari fikiran.
Bukankah yang kita ingin kita alirkan atau bagikan kedalam postingan kita adalah sesuatu yang keluar dari diri kita sendiri setelah merespon kondisi disekeliling kita?, kalau benar begitu berarti kita harus meninggalkan kebiasaan kita meng “copy-paste” tulisan orang lain.
Kenapa harus ditinggalkan kebiasaan mengcopy paste tulisan orang lain?, agar kita terbiasa memposting dengan buah fikiran kita sendiri. Jika sudah terbiasa menuangkan buah fikiran kita sendiri, lambat laun kesulitan kita untuk membuat postingan akan teratasi dengan sendirinya.
Kebiasaan parah bagi seorang blogger yang sering mengcopy paste tulisan orang lain akan berimbas bukan saja kepada mandegnya ia memposting tulisan diblognya, juga bisa berimbas dalam hal memberikan komentar.
Oh..ya? masa sih untuk berkomentar saja harus melakukan copy paste?, kalau tidak percaya lihat saja komentar yang ada didalam postingan ini dan postingan ini sebagai pembandingnya.
Jangan terbebani postingan itu harus bagus dan sempurna, postinglah apa-apa yang ingin kita posting sesuai dengan kemampuan yang kita miliki saat itu. Soal bagus atau tidak bagus, sempurna atau tidak urusan nomer 16 saja, yang terpenting kita hadirkan postingan original dari buah fikiran kita.
” Mari kita ambil sikap untuk mengenyahkan kebiasaan buruk kita dalam mengcopy-paste tulisan orang lain, ngebloglah dengan postingan original “


Efek Copy Paste Konten Untuk Blog – Efek Copy Paste Konten Untuk Blog bukan efek yang main-main untuk blog kita. Mesin pencari terutama Google dan yahoo paling alergi dengan konten hasil copy paste atau duplikat konten. Tidak ada yang salah dengan copy paste artikel/konten, hal itu disebabkan karena (pendapat coretandiko.co.cc), si pelaku copy paste konten mendapat inspirasi setelah membaca artikel yang sobat tulis. Tetapi… copy paste konten (100% copas) disebabkan oleh beberapa hal seperti berikut (sekali lagi pendapat endipiran):
  • Pelaku copy paste suka dengan artikel yang ada di blog sobat
  • Malas membuat artikel sendiri
  • Kurang PD untuk memposting/mempublikasikan hasil pemikirannya sendiri

Para pelaku copy paste sadar atau tidak sadar telah membuat rugi blog/web pemilik konten asli dan blog pelaku sendiri. Ibaratnya begini, copy paste seperti kanker ganas dan blog/web seperti tubuh. Jika sebuah blog memiliki beberapa konten yang 100% copy paste, lama kelamaan konten hasil copy paste yang sobat posting pada blog sobat akan menjadi kanker yang siap menggerogoti seluruh isi blog sobat.

Baca Dulu Efek Copy-Paste Bagi Blog Anda !
Jadi… jika sobat ingin melakukan copy paste sebuah konten dari blog/web lain pahami Efek Copy Paste Konten Untuk Blog sobat. Efek Copy Paste Konten Untuk Blog seperti:



  • Pinalti/banned oleh Google

  • Perlu sobat ketahui bahwa search engine seperti Google dan Yahoo sayang dengan blog yang memiliki konten yang fresh dan asli. Soalnya endipiran pernah mengalami saat exsperimen, waktu itu endipiran menggunakan domain gratisan, dulu… endipiran mengadakan eksperimen dengan copy paste konten, awalnya no problem tetapi… ketika Google mengadakan up date, blog gratisan endipiran ditendang jauh bahkan tidak terindex oleh SERP. Jadi menurut saya aktifitas copy paste konten itu buang-buang waktu dan tenaga.



  • Tidak mampu bersaing di SERP

  • Konten hasil copy paste akan kalah bersaing di SERP. Logikanya, konten asli sudah terindex oleh oleh search engine sedangkan artikel copy paste (100%) copy paste) tidak mampu bersaing, alasannya gampang konten 100% copy paste berarti kata-kata atau kalimat konten sama persis tidak ada editan sama sekali, bagaimana mau bersaing konten asli sudah di baca sekian banyak orang dan konten copy paste baru muncul.
    Jika sobat ingin melakukan copy paste konten dan ingin menghindari Efek Copy Paste Konten Untuk Blog sobat, lakukankanlah copy paste secara bijak. Kita mencoba belajar dari para penulis tenar dengan melakukan hal-hal berikut:
    • Jika kita menyukai sebuah konten blog lain dan ingin menampilkan di blog kita, sebisa mungkin sobat review ulang dengan gaya bahasa sobat. Itulah kenapa setiap kontes SEO seperti Adira Asuransi Kendaraan Terbaik Indonesia, TEAK 123 Best Teak Garden Furniture Manufacturer Whole Shale In Indonesia, Ban Terbaik Di indonesia GT Radial dan IDEAL Merek spesialis Pisau Dapur selalu meminta satu hyperlink ke blog mereka. Karena… 90% isi atau sumber konten dengan keyword diatas berasal dari blog mereka.
    • Sekalipun itu sebuah review ulang sertakan link sumber. Kenapa setiap buku yang beredar selalu ada halaman Daftar Pustaka karena para penulis/reviewer menghargai konten asli. Begitu juga blog/web untuk menghargai blog sumber cantumkan link ke blog yang telah menginspirasi sobat.
    • Sebelum hasil copy paste terpublikasi, lakukan sebuah langkah bijak yaitu minta ijin kepada blog sumber karena hal itu akan membuat si penulis merasa bangga.
    Jika sobat sudah tahu Efek Copy Paste Konten Untuk Blog, yuk….. mulai sekarang kita belajar etika menulis yang benar. Dan kalau mau tanya-tanya soal artikel ini atau mau nambah silahkan tinggalkan jejak sobat di kolom komentar, tapi….. jangan SPAM ya…

    Jadi Jangan Asal Copy-Paste ya, Jika anda masih menginginkan artikel nya juga jangan lupa sertakan SUMBER LINK NYA !

    Salam Blogger !

    0 komentar:

    Posting Komentar